Bacaan Doa Tasyahud / Tahiyat Akhir Beserta Artinya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Tasyahud / Tahiyat Akhir Yang Artinya - Dalam mengerjakan sholat pastinya kita harus tahu terlebih dahulu apa saja yang termasuk dengan syarat dan rukun dalam sholat, karena syarat dan rukun sholat adalah yang menjadi sahnya sholat kita menurut ilmu fiqih. Dan yang akan kami bahas pada kesempatan yang berbahagia ini ialah yang tergolongkan kedalam rukun sholat yakni tasyahud atau tahiyat akhir.

Adapun untuk penjelasan atau pengertian tahiyat akhir adalah duduk dengan cara memasukan kaki kiri kebawah kaki bagian kanan, kemudian si jari-jari kaki kanan harus ditekan ke alas tempat sholat. Dan tasyahud akhir ini selalu dilakukan dalam sholat yang pangkatnya wajib maupun sunnah meski yang jumlahnya hanya dua rakaat saja, beda halnya dengan tasyahud awal yang hanya dilakukan pada sholat yang lebih dari 2 raka'at.

Dalam permasalahan tasyahud akhir ini yaitu ada bacaanya, dan untuk doa tahiyat akhir yang biasa dikerjakan oleh kebanyakan orang islam yaitu seperti yang akan kami tuliskan dibawah berikut lengkap dengan tulisan bahasa arab dan juga latin kemudian langsung diterjemahkan kedalam bahasa indonesia yang guna untuk membantu memahami makna dari lafadz bacaan do'anya.

Bacaan Doa Tasyahud / Tahiyat Akhir Beserta Artinya

Doa Tahiyat Akhir

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

ATTAHIYYAATUL MUBAAROKAATUSH SHOLAWAATUT TOYYIBAATULILLAAH ASSALAAMU'ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WAROHMATULLOOHI WABAROKAATUHU ASSALAAMU'ALAINAA WA 'ALAA 'IBAADIL-LAAHISH-SHOOLIHIINA. ASYHADU ANLAA ILAAHA IL-LALLOOH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSUULULLAAH. ALLOOHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN. KAMAA SHOL-LAITA 'ALAA SAYYIDINAA IBROOHIIMA WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA IBROOHIIMA WABAARIK 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA BAAROKTA 'ALAA SAYYIDINAA IBROOHIIMA WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA IBROOHIIMA FIL 'AALAMIINA INNAKA HAMIIDUN MAJIIDUN

Artinya : Segala penghormatan yang berkat solat yang baik adalah untuk Allah. Sejahtera atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta keberkatannya. Sejahtera ke atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad itu adalah pesuruh Allah. Ya Tuhan kami, selawatkanlah ke atas Nabi Muhammad dan ke atas keluarganya. Sebagaimana Engkau selawatkan ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim. Berkatilah ke atas Muhammad dan atas keluarganya sebagaimana Engkau berkati ke atas Ibrahim dan atas keluarga Ibrahim di dalam alam ini. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung.

Seperti yang telah kami beritahukan tadi bahwa tahiyat akhir selalu dilakukan dalam semua sholat baik itu wajib maupun sunnah seperti dalam sholat tarawih (Apabila anda belum hafal bacaan niat sholat tarawih maka teman-teman bisa lihat pada halaman sebelumnya) terkecuali shalat seperti dalam mengerjakan shalat mayit. Demikian artikel yang dapat kami sajikan mengenai doa tahiyat akhir yang dapat anda hafalkan.

Advertisement