Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Tulisan Arab & Latin Artinya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Tulisan Arab & Latin Artinya - Dalam ajaran islam hukum itu terbagi pada lima bagian yaitu wajib, sunnah, makruh, mubah dan haram. Diantara perbuatan atau perilaku yang sifatnya wajib diantaranya adalah seperti yang biasa kita perbuat sehari-hari yaitu mengerjakan sholat yang 5 waktu. Dan untuk perbuatan yang hukumnya sunnah untuk dikerjakan seperti kita mengerjakan sholat malam atau biasa disebut dengan Sholat Sunnah Tahajud.

Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang biasa dikerjakan diwaktu malam hari dan dilakukannya setelah waktu isya, namun sebelumnya kita harus mengerjakan shalat isya terlebih dahulu dan juga harus tertidur dulu sebelum melakukannya meski hanya dengan sekejap saja. Qiyamul lail (Tahajud) ini memiliki pangkat sunnah muakkad yang berarti sunnah yang sangat dianjurkan.

Bagi rekan-rekan yang berniat untuk mengerjakan sholat sunnah tahajud dan masih belum hafal dengan Doa Sholat Tahajud yang benar, maka kami akan bagikan selengkapnya dalam halaman yang satu ini. Perlu diketahui juga bahwasanya jika anda mengerjakan sholat tahajud dengan rutin setiap malam maka teman-teman akan merasakan hikmah dan keajaiban yang sangat luar biasa.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Tulisan Arab & Latin Artinya

Karena sholat sunnat tahajud mengandung beberapa hikmah yang mungkin belum anda ketahui, diantaranya yaitu anda dapat tergolong kedalam jajaran orang yang tinggi derajatnya dihadapan Alloh SWT dan sudah pasti menjadi salah satu orang yang shaleh, kemudian dengan tahajud beberapa dosa kecil yang telah kita perbuat dapat dileburkan, Menjadi umat Nabi yang mulia dan masih banyak lagi keutamaannya.

Allah SWT telah berfirman sebagai mana yang tercantum dalam QS Al-Isra' ayat 79 yang artinya “Dan pada sebahagian malam, lakukanlah shalat Tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat ke tempat yang terpuji” {Wallahu a'lam bimurodihi}. Adapun untuk waktu keutamaan mengerjakan sholat sunnah tahajud yaitu dilakukan pada sepertiganya malam (kira-kira mulai pukul 22.00 hingga pukul 03.00) diluar itu juga dapat teman-teman lakukan setelah waktu isya hingga menjelang waktu subuh.

Doa Setelah Sholat Tahajud

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allahumma Lakal Hamdu Anta Qayyimus Samaa Waati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna, Wa Lakal Hamdu Anta Maalikus Samaa Waati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna, Walakal Hamdu Anta Nuuruss Samaawaati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna, Wa Lakal Hamdu Antal Haqqu, Wa Wa'dukal Haqqu, Wa Liqaa'uka Haqqun, Wa Qauluka Haqqun, Wal Jannatu Haqqun, Wan Naaru Haqqun, Wannabiyyuuna Haqqun, Wa Muhammadun Shallallaahu 'Alaihi Wasallama Haqqun Wassaa'atu Haqqun. Allaahumma Laka Aslamtu, Wa Bika Aamantu, Wa 'Alaika Tawakkaltu, Wa Ilaika Anabtu, Wa Bika Khaashamtu, Wa Ilaika Haakamtu, Faghfirlii Maa Qaddamtu, Wa Maa Akh-Khartu, Wa Maa Asrartu, Wa Maa A'lantu, Wa Maa Anta A'lamu Bihi Minnii. Antal Muqaddimu, Wa Antal Mu'akhiru, Laa Ilaaha Illaa Anta, Wa Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billah.
Artinya : “Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Adapun untuk mengerjakan sholat sunnah tahajud bisa dilakukan hanya 2 raka'at saja dengan satu kali salam (batas paling sedikit), dan untuk mengerjakan paling banyak tidak ada batasan tertentu, yang penting mengerjakannya dua raka'at dengan 1 salam yang berarti langsung membaca doa tahiyat akhir. Demikian yang dapat kami bagikan, semoga dari apa yang telah kami bagikan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

Advertisement