Niat Zakat Fitrah Untuk Sendiri Dan Keluarga Beserta Doa Menerimanya

Advertisement
Advertisement
Niat Zakat Fitrah - Dalam islam zakat itu terbagi menjadi dua bagian, yakni zakat fitrah dan zakat harta atau yang disebut dengan zakat maal. Dan yang akan kami bahas di artikel ini yaitu niat zakat fitrah yang lengkap dengan tulisan arab latin dan doa menerimanya beserta terjemahan. Zkat fitrah adalah zakat untuk membersihkan badan yang dilakukan setiap setahun sekali yakni pada bulan suci ramadhan.

Zakat fitrah ini diwajibkan oleh Alloh kepada setiap orang islam yang mukallaf, banyak sekali hikmah yang terkandung dalam zakat fitrah ini, yaitu selain untuk membersihkan diri zakat ini juga akan membantu orang-orang yang berhak untuk menerima zakat atau mustahiq zakat, adapun orang-orang yang tergolongkan mustahiq zakat adalah Fakir Miskin, Amilin, Mu'allaf, Riqob, Gharimin, Fii Sabilillah, Ibnu Sabil.

Untuk penjelasan tentang mustahiq zakat selengkapnya dapat anda tanyakan pada ustadz yang ada di daerah kalian agar lebih jelas dan faham tentang penerangannya. Untuk ukuran mengeluarkan zakat fitrah yaitu sebanyak 2.5 Kg per jiwa dari setiap makanan pokok di setiap daerah seperti yang dilakukan di daerah saya oleh beras karena makanan pokoknya beras.

Niat Zakat Fitrah Untuk Sendiri Dan Keluarga Beserta Doa Menerimanya

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN NAFSII FARDLOL LILLAAHI TA'AALAA
Artinya : Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta'ala

Niat Zakat Fitrah untuk Istri

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN ZAUJATII FARDHOL LILLAATI TA'AALAA
Artinya : Saya niat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya fardhu karena Allah Ta'ala

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN WALADII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA
Artinya : Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) Fardhu karena Allah Ta’ala

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ بِنْتِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN BINTII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA
Artinya : Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah Ta’ala

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'ANNII WA'AN JAMII'I MAA YALZAMUNII NAFAQOOTUHUM SYAR'AN FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA
Artinya : Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala.

Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ (…..) فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN (Sebutkan nama orangnya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA
Artinya : Niat saya mengeluarkan zakat fitrah atas…. (sebut nama orangnya), Fardhu karena Allah Ta’ala

Untuk penjelasan zakat maal akan kami bahas lagi di lain hari, karena macam-macam zakat maal sangat banyak, jadi jika dibahas di halaman ini akan terlalu panjang. Mungkin itulah rangkuman kami terkait dengan Niat Zakat Fitrah yang dapat anda baca ketika sedang mengeluarkan zakat fitrah, semoga bermanfaat. Pelajari juga niat sholat idul fitri yang lengkap dengan arab latin beserta artinya.

Advertisement